Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
kick starter motor
Umum

Menghilangkan Kick Starter Motor, Apa Yang Merasuki Pabrikan?

Belakangan ini pabrikan motor mulai menghilangkan kick starter dan cuma dibekali electric starter doang. Seperti yang bisa Sobat Bikers lihat pada motor-motor terbaru seperti All New Vario, Yamaha NMAX, PCX, bahkan motor retro seperti Kawasaki W175 pun sudah nggak pakai kick starter lagi. Diantara kalian ada yang tahu sebabnya nggak? Ternyata ini alasan kenapa kick starter alias selahan motor dihilangkan.

 

Menghilangkan Kick Starter Yang Ribet

Karena adanya Electric start, pengguna motor jadi jarang menggunakan kick starter untuk menghidupkan motornya karena lebih repot. Posisi foot step atau pijakan kaki terkadang menghalangi kaki dan selahan saat digunakan. Nah belum lagi pas bawa boncengers, kaki boncenger sering nggak sengaja keinjek. Ini pula alasan bikers baru akan gunakan kick start jika aki sudah mulai habis dan motor sulit dihidupkan.

Hal ini membuat mekanisme selahan jadi macet akibat kotoran mengendap karena jarang digunakan, lama-kelamaan mengeras saat akan digunakan. Karena justru membuat repot, maka pabrikan motor lebih baik menghilangkan kick starter ini.

 

Tren Motor Tanpa Kick Starter

Tren motor kini sudah berubah jadi makin simpel dan praktis, penggunaan starter kaki dinilai kurang efisien karena pengguna motor cenderung malas. Apa iya? Di luar negeri, motor-motor baru sudah mulai meninggalkan kick starter dan cuma mengandalkan electric saja, loh. Selain itu, tren motor makin hari makin canggih. Dan image canggih ini yang meniadakan starter kaki. 

Begitu juga moge sport jaman sekarang yang memang agak mustahil diberi kick starter. Bukan karena ikut-ikutan biar keren, justru spek mesinnya sendiri yang nggak mampu di start pakai selahan. Kapasitas dan kompresi tinggi inilah yang bikin pedal starter jadi keras.

 

Perkembangan Electric Starter Yang Makin Canggih

Motor generasi terbaru sudah menggunakan teknologi electric starter tanpa dinamo yang memungkinkan untuk mengurangi suara kasar dan getaran saat mesin dihidupkan, teknologi ini juga membuat efisiensi penggunaan listrik dari aki lebih hemat. Selain itu juga membantu sistem idling stop yang membuat mesin motor mati secara otomatis ketika di lampu merah, sehingga lebih baik difokuskan untuk teknologi electric start yang lebih inovatif.

 

Motor Sudah Dilengkapi Indikator Voltase

Meskipun starter elektrik terbukti ampuh atasi mager, starter model ini cenderung boros listrik. Aki lowbat atau tekor atau drop apalah itu namanya emang bikin was-was pengguna motor. Apa jadinya jika elektrik starter nggak berfungsi saat mesin motor mati? Panik, iya. Tapi tenang saja, hal seperti itu sudah terpikirkan oleh pabrikan dengan menambahkan informasi kondisi aki di panel instrumen pada sepeda motor terbaru.

Di panel tersebut akan terlihat bagaimana kondisi aki, apakah masih bagus atau sudah drop. Jika kondisi aki selalu diperhatikan, maka nggak akan ada lagi kendala motor sulit di-starter karena kelistrikannya berfungsi normal.

Youtube Belipart