Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
Edukasi

Kasihan Vinales, Begini Sebab Dan Cara Atasi Rem Blong!

Rem adalah salah satu komponen yang vital untuk sebuah motor, sebab perangkat ini bekerja untuk memperlambat laju biar nggak sampai kecelakaan. Ingat sama kejadian Maverick Vinales pekan lalu? MV12 ini gagal mendapatkan traksi alias rem blong saat hendak masuk tikungan, dan akhirnya doi nekat melompat dari atas motor yang melaju kencang. Wah ngeri juga yaa.

Tapi apa yang terjadi kalau misalnya sistem pengereman ini tiba-tiba kehilangan fungsinya untuk melakukan deselerasi? Mungkin di daerah perkotaan kejadian rem blong seperti ini sangat jarang sekali ditemui. Namun akan sangat berbeda jika kalian coba bandingkan dengan di kawasan pegunungan. Munculnya bahaya rem blong saat melewati turunan lebih besar sebab momentum yang juga bertambah sesuai tingkat kemiringannya. Ketahui sebab rem blong dan cara aman berkendara di bawah ini!

 

Sebab Rem Blong Sering Terjadi Saat Turunan

ilustrasi
Ilustrasi Vapor Lock 

Kejadian rem “ngeloss” ini disebabkan oleh uap minyak rem yang terjebak dalam saluran rem, sehingga mempengaruhi kinerja kaliper. Hal ini ditandai dengan tuas rem yang masih dapat dipompa tapi sama sekali nggak memperlambat motor. Ini karena kampas rem bukannya menjepit piringan cakram. Ini karena viskositas minyak rem berubah karena panas dan tekanan minyak rem terhalang uap yang biasanya disebut sebagai ‘angin palsu’.

 

Macam Jenis Minyak Rem, Cari Tau Bedanya Dalam 5 Menit

 

Saat jalanan menurun, penggunaan rem secara terus-menerus, menyebabkan perangkat remnya menjadi panas akibat gesekan yang berlebih. Nah, begitu temperatur kaliper memanas, lama kelamaan kaliper rem terjadi vapor lock. Vapor lock terjadi saat minyak rem mendidih dan menguap yang menghasilkan “angin palsu” pada saluran minyak rem. Inilah yang membuat palababi/kaliper nggak memiliki cukup tekanan untuk menjepit piringan cakram.

Lakukan Ini Saat Rem Mulai Ngeloss

Gejala Rem Blong
Gejala Rem Blong Ditandai Dengan Tuas Rem Ngeloss

Hal seperti ini dapat dihindari dengan kepekaan dari si pengendara untuk merasakan kinerja rem semakin berkurang saat jalanan menurun. Ketika menarik tuas rem secara dadakan tapi rem berasa kurang responsif, bisa jadi itu merupakan gejala rem akan blong. Kalau hal ini mulai terasa, jangan panik dulu! Usahakan sebisa mungkin gunakan kombinasi rem dengan engine brake secara bergantian dan segera menepi. Terus dinginkan komponen rem dulu sebelum melanjutkan perjalanan ya, sob.

 

3 Perawatan Yang Bikin Rem Tromol Lebih Pakem

 

Namun beda halnya jika gejala tersebut timbul kembali setelah rem didinginkan, itu artinya komponen pengereman sudah mengalami vapor lock. Apabila hal tersebut terjadi, “angin palsu” dalam selang maupun kaliper harus dikeluarkan dan perlu bantuan tenaga ahli dalam hal ini. Sebab, uap minyak rem harus dibuang, minyak rem pun harus diganti baru.

Youtube Belipart