Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
motor terbakar gara-gara karburator banjir
EdukasiTips & Trik

Karburator Banjir Memicu Kebakaran, Pahami Penyebab dan Cara Mengatasinya

Salah satu masalah yang sering dialami motor karburator biasanya terjadi “tumpah bensin” pada mangkok karbu. Masalah ini terkadang sangat mengganggu dan membahayakan pada kondisi tertentu. Bensin yang meluap melewati celah karburator menimbulkan bau menyengat. Terlebih kalau bensin sampai menetes, bisa dengan mudah tersambar listrik dari kabel koil busi lalu terjadilah kebakaran. Oleh sebab itulah kamu harus paham apa saja penyebab dan cara memperbaiki karburator banjir.

 

Penyebab Bensin Karburator Banjir

setting pelampung karburator yang banjir

Masalah ini kerap terjadi pada bagian sistem pelampung karburator yang biasanya dikarenakan pemasangan yang kurang pas. Fungsi sistem pelampung atau float adalah untuk me-regulasi bensin dari tangki dan menjaga agar tekanan bensin tetap 1 atm. Sedangkan cara kerjanya adalah dengan memanfaatkan needle float atau needle valve yang digerakan oleh sebuah pelampung tadi.

Saat ruang pelampung kosong, maka menyebabkan needle valve membuka saluran bensin dari tangki yang kemudian membuat mangkok karbu terisi bensin. Sedangkan saat kondisi ruang pelampung penuh, maka pelampung akan naik dan menggerakan needle valve untuk menutup aliran bensin, sehingga aliran bensin terhenti dan tekanan di dalam ruang pelampung tidak berlebihan. 

Alhasil kalau sistem pelampung mengalami kerusakan, maka bensin bisa terus mengalir dan menyebabkan kebocoran karburator. Bensin dengan mudah meluap dari venturi karburator dan masuk ke lubang intake. Inilah yang membuat motor jadi susah dinyalakan karena terlalu banyak bensin yang masuk. 

 

Gejala

  1. Mesin sudah dihidupkan dan brebet ketika menyala
  2. Susah langsam di RPM rendah
  3. Boros bensin meski tidak sering dipakai
  4. Tercium bau bensin di parkiran

 

Baca juga : Mengatasi Motor Karbu Susah Hidup di Pagi Hari

 

Cara Mengatasi Karburator Banjir

Mampatkan dulu selang bensin agar bensin tidak mengucur (apabila tidak dilengkapi regulator bensin). Kemudian kuras bensin pada karbu dengan mengendorkan baut tap bensin di bagian bawah (mangkok karbu).Lalu lepaskan mangkuk karbu yang terletak di bagian bawah karburator. Hadapkan posisi karburator secara terbalik vertikal agar lebih leluasa mengamati pergerakan pelampung. Tinggal cek bagian needle valve ataupun sistem pelampung apakah ada kesalahan teknis atau kondisi komponen yang rusak. Gunakan carburetor repair kit yang baru kalau bagian ini sudah mulai rusak atau cacat. Cek belipart.com untuk memperoleh satu set karburator repair kit dari berbagai macam merk.

cara setel ketinggian pelampung karburator

Untuk menyetel pelampung karburator, balikkan posisi karbu dengan pelampung yang menghadap bawah. Lalu tekan pelampung ke atas perlahan, perhatikan posisi pelampung agar sejajar horizontal. Kalau needle valve sudah mentok namun pelampung belum sejajar, tinggal dorong pelampung pelan-pelan ke atas. Sebaliknya, apabila kebablasan dari garis horizontal, tahan plat pendorong yang bersentuhan langsung dengan needle valve. Kemudian dorong pelampung ke bawah dengan hati-hati hingga sejajar.

Terakhir, tinggal dirakit ulang semua bagian karburator dan pasang kembali ke manifold.

Youtube Belipart