Kontak Info:

Phone:021 29134017
Mobile:+62 877-7177-5663
Website:Belipart
EdukasiUmum

Intip Perbedaan Speedometer, Odometer, dan Tachnometer

Dalam dunia otomotif istilah speedometer sudah tak asing lagi di telinga namun, sebagian orang mungkin masih asing dengan odometer dan tachometer padahal ketiga alat ukur ini selalu berdampingan. Apa itu perbedaan speedometer, odometer, dan tachnometer? Speedometer adalah alat ukur kecepatan kendaraan. Sedangkan odometer adalah alat penunjuk jarak tempuh dan tachometer adalah pengukur kecepatan per menit. 

 

  • Speedometer

Di dalam speedometer terdapat dua jenis alat ukur kecepatan yaitu analog dan digital. Dua jenis alat ini memiliki perbedaan dalam sistem kerjanya. Speedometer analog menggunakan cara kerja yang menggunakan roda bergigi. Roda bergigi ini akan terhubung dengan poros roda yang dilengkapi pula dengan jarum sebagai penunjuk kecepatan saat berkendara. Speedometer analog mempunyai indikator kecepatan mulai dari angka 0 hingga batas maksimum yang terdapat pada motor.

Baca Juga “Ini Beda Idling dan Idling Stop”

Sedangkan speedometer digital dirancang dengan kombinasi pulsa magnetik dan pulser. Pulsa magnetik dan pulser terletak di sistem gigi (roda). Cara kerja speedometer digital ini adalah pada saat roda berputar akan melewati sistem gir yang dapat memutar kawat kopel pada instrument cluster pada motor.

Pada Instrument cluster terdapat kawat speedometer yang akan memutar roda berlubang. Optokopler pada roda yang akan menghasilkan sinyal logic 1 sehingga dapat mengkalkulasi angka. Kelebihan jenis ini yaitu dapat membaca angka dengan lebih tepat (presisi).

 

  • Odometer

Odometer merupakan alat penunjuk jarak tempuh yang terdapat pada panel meter. Alat ukur jarak ini mempunyai 2 jenis cara kerja. Pertama cara kerja mekanik (analog) dan yang kedua adalah cara kerja elektronik.

Alat ukur jarak dengan cara kerja mekanik bekerja dengan mengandalkan bundaran yang berputar (bergerak) dengan sistem mekanik. Sebaliknya, apabila menggunakan sistem elektronik angka-angka sudah dimunculkan pada layar elektronik panel meter.

Nilai satuan odometer sangat tergantung dari satuan yang digunakan pada speedometer. Jika nilai pada speedometer menggunakan satuan km/h (jam), maka angka odometer yang ditunjukkan berupa jarak dalam satuan kilometer (km). Apabila nilai pada speedometer menggunakan satuan mil/h maka nilai yang ditunjukkan pada odometer juga berupa jarak dalam satuan mil.

Odometer mempunyai fungsi untuk mengetahui berapa jumlah jarak tempuh yang telah dilewati sejak awal digunakan hingga saat ini dan dapat menampilkan angka jarak tempuh sehingga dapat menjadi tolak ukur ketika sobat ingin membeli motor bekas.

Motor Keluaran Baru, Ngga Pake Kick Starter?

  • Tachometer

Takometer atau Tachometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur kecepatan putaran pada poros engkel (crankshaft) sebuah mesin. Biasanya, tachometer menggunakan satuan RPM (Round Per Minute). Tachometer ini akan terus bekerja selama mesin dalam kondisi hidup dan berputar.

Selain untuk mengukur kecepatan putaran mesin, tachometer juga memiliki beberapa fungsi lainnya, seperti mempunyai peran penting bagi mekanik untuk menentukan rpm idling mesin, bagi pengemudi untuk mendapatkan tenaga mesin yang optimal dan efisian saat melakukan perpindahan gigi, dan untuk mencegah mesin mengalami putaran yang terlalu tinggi (Over Rev). Pada tachometer biasanya terdapat garis angka yang diberi warna merah. Jika jarum tachometer sudah menunjuk diangka merah ini maka putaran mesin sudah berlebihan.

Seiring perkembangan dunia otomotif tachometer saat ini sudah ada yang digital, kelebihan tachometer digital jika dibandingkan dengan model dial yaitu dapat membaca numerik dengan lebih tepat dan akurat.

Youtube Belipart